Bandara Terapkan Pemeriksaan 3 Lapis

20200304a

PT BEST PROFIT FUTURES BANDUNG, PT Bestprofit – 

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan bahwa pengecekan bagi seseorang saat kedatangan ke Indonesia melalui bandar udara (bandara) itu dilakukan sebanyak 3 kali.

“Sebenarnya di bandara itu ada 3 lapis ya, satu secara umum, kedua dideteksi individual, dan satu yang ada di pesawat dari negara-negara tertentu yang zona merah. Nanti akan saya klarifikasi lagi,” ujar Menhub dikutip dari laman Setkab, Rabu (4/3/2020). Menjawab soal diskon tiket pesawat, Menhub sekarang baru mau dijalankan, nanti setelah pelaksanaan 3 bulan ke depan baru akan dievaluasi.

”Kalau yang diskon sebenarnya mulai tanggal 1 ini ya, tapi asosiasi pengen membahas pengen membuat satu dasar hukumnya, jadi kita tunggu itu. Setelah itu jalan. Kalau insentif itu dominan di Pariwisata,” jawab Menhub.

Indikator mengenai pembatasan penerbangan, menurut Menub, ada banyak namun yang memiliki domain adalah Menteri Kesehatan dan Menteri Luar Negeri. Ada 4 negara, menurut Menhub, yang akan kemungkinan punya pembatasan.

”Korea, Jepang, Italia, dan Iran,” tambahnya. Mengenai pemberian diskon, Menhub menjelaskan diberikan kepada turis dalam negeri sedangkan untuk wisatawan asing melalui diskon travel agent.

Best Profit

Cerita Petugas Bandara Awasi 12 Ribu Penumpang Internasional di Tengah Wabah Corona

Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Internasional Soekarno Hatta mengaku, tiap harinya mereka mengawasi 11 sampai 12 ribu kedatangan internasional di bandara tersibuk di Indonesia itu.

“Kalau hitungan kami, ada 85 sampai 90 penerbangan per hari dengan jumlah yang kita awasi kurang lebih 11 sampai 12 ribu,” ujar Kepala KKP Bandara Internasional Soekarno Hatta, Anas Ma’aruf, Senin (2/3/2020).

Menurutnya, meski penerbangan langsung dari dan ke Cina ditutup sementara, penerbangan transit dari negeri bambu itu pun juga diawasi. Misalnya saja dari Taiwan, Korea Selatan, Jepang, Malaysia, dan Singapura.

Namun, meski diawasi ketat, ternyata masih ada WN Jepang yang masuk ke Indonesia kedapatan membawa virus yang belum ada penawarnya hingga saat ini. Itu artinya, pengawasan di pintu gerbang negara, akan semakin ditingkatkan lagi.

Bestprofit

“Tentu ini menjadi catatan, supaya kita meningkatkan lagi pengamanan atau screening di pintu masuk negara di Soekarno Hatta ini,”katanya. Sebab selama ini, pemindaian suhu tubuh tiap penumpang internasional yang tiba di Bandara Soetta, selalu dilakukan dengan dua kali. Awalnya akan dilakukan thermo gun, dimana setiap kening penumpang akan diukur suhunya satu per satu.

“Kemudian kedua, thermal scanner ini kita tingkatkan,” kata Anas. Lalu, KKP Bandara Soetta juga akan melakukan penambahan Sumber Daya Manusia (SDM) atau petugas yang berjaga di area scanner. Dukungan penambahan itu berasal dari pusat dan Kementerian Kesehatan.

Sempat Keteteran

Anas juga tak menampik, beberapa hari lalu petugasnya sempat kewalahan dalam memeriksa satu persatu penumpang yang turun dari penerbangan internasional.

“Sebetulnya itu terjadi karena hari Minggu kemarin, ada salah satu faktor yakni adanya empat penerbangan yang datang bersamaan. Kedua banyak penumpang yang belum mengisi kartu kewaspadaan kesehatan di dalam pesawat, sehingga menunggu dalam pengisi,” jelas Anas.

Makanya, dia menyarankan, agar seluruh penumpang penerbangan internasional, agar memiliki kesadaran untuk mengisi kartu kewaspadaan kesehatan di dalam pesawat. Sehingga pada saat turun dan tiba di bandara, tinggal mengikuti prosedural pemindaian suhu tubuh.

Sumber

liputan6.com

bestprofit, pt bestprofit, best profit, pt best profit, best, pt best, bpf

bestprofit futures, best profit futures, pt bestprofit futures, pt best profit futures

 

PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG