Hidup Sehat Rasulullah – PT Bestprofit Futures Bandung

150512e

Bestprofit Bandung bestprofit bpf – Dalam islam dikenal ada dua unsur kesehatan, kesehatan jasmani dan kesehatan rohani. Contoh kesehatan jasmani seperti olahraga teratur, makan sehat, istirahat yang cukup dan sejenisnya. Sedangkan kesehatan rohani misalnya menjauhi maksiat, melakukan kebaikan, dan semacamnya.

Kesehatan rohani seseorang akan mempengaruhi kesehatan jasmani. Itulah kenapa Rasulullah tidak hanya cerminan kebaikan bagi umat Islam dalam hal agama, tapi juga kesehatan. Ada yang menjelaskan bahwa beliau seumur hidup hanya dua kali sakit. Setelah ditelusuri ternyata rahasia kesehatan Rasulullah karena kebiasaan sehari-hari beliau.

Berikut 10 kebiasaan sehat ala Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam:

  1. Bangun sebelum subuh

Bangun sebelum subuh mempunyai banyak keutamaan. Diantaranya, berlimpah pahala karena bisa melakukan ibadah sholat yang disunnahkan. Kesegaran udara subuh juga bagus untuk kesehatan. Selain itu subuh merupakan waktu yang tenang untuk memperkuat pikiran dan menyehatkan perasaan.

  1. Cepat tidur juga cepat bangun

Dalam riwayat shahih, Rasulullah tidur lebih awal setiap malam. Jika tidak ada hal yang penting, maka selepas sholat isya beliau tidur dan bangun lebih awal pada sepertiga waktu malam terakhir untuk sholat malam. Secara umum waktu selama 24 jam sehari dibagi sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah dan sepertiga lagi untuk tidur.

  1. Berhenti makan sebelum kenyang

Maksudnya berhenti sebelum kenyang ialah tidak makan banyak hingga kekenyangan. Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Kami adalah sebuah kaum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)[HR Muttafaqun’alaih]

  1. Selalu menjaga kebersihan

Syariat telah banyak menyebutkan tentang anjuran menjaga kebersihan. Diantaranya memotong kuku, mencukur rambut, mandi, menggosok gigi (siwak) dan memakai wewangian yang dilakukan secara teratur. Kebersihan dalam hal jasmani tersebut dilakukan beliau secara teratur.

  1. Selektif memilih makanan (halalan & thayyiban)

Tidak diragukan lagi Rasulullah adalah orang yang paling berhati-hati dalam memilih makanan. Beliau dan keluarga serta para sahabatnya memilih makanan halal baik itu jenis makanannya maupun cara memperolehnya. Selain halal juga thayyib (baik), tidak semua makanan halal itu baik bagi kesehatan setiap individu. Misalnya saja sate kambing, memang makanan halal tapi tidak baik bagi orang yang mengalami tekanan darah tinggi.

  1. Makan tidak terburu-buru

Cara makan Rasulullah tidak terburu-buru sehingga dapat mengunyah makanan dengan sempurna. Sesuai dengan anjuran kesehatan yaitu mengunyah hingga sekitar 32 kali sebelum ditelan. Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa makanan yang dikunyah hingga lembut dapat memperingan kinerja alat pencernaan sehingga tetap sehat.

  1. Gemar berjalan kaki

Rasulullah selalu gemar berjalan kaki untuk menuju masjid, pasar, rumah sahabat bahkan medan jihad. Jalan kaki membuat keringat mengalir, pori-pori terbuka dan peredaran darah lancar. Inilah pentingnya kenapa berjalan kaki itu menyehatkan, terutama untuk mencegah peyakit jantung.

  1. Tidak pemarah  dan dengki

Pemarah dan dengki keduanya termasuk penyakit hati. Akan tetapi hal itu juga berpengaruh pada kesehatan. Menjauhi sifat-sifat buruk seperti itu merupakan pencegahan yang tepat untuk kesehatan jasmani. Rasulullah mengajarkan beberapa terapi untuk menahan marah sesuai dalam hadits, yaitu:

  • Mengubah posisi ketika marah, jika berdiri maka duduklah, jika duduk tidak mempan maka berbaringlah
  • Membaca ta’awudz karena marah itu datang dari syaitan
  • Segera berwudhu
  • Sholat 2 rakaat untuk menenangkan dan menghilangkan kegundahan hati
  1. Optimistis dan tidak pernah putus asa

Sikap optimis memberikan dampak psikologis yang mendalam bagi kelapangan jiwa. Rasulullah senantiasa bersabar, istiqamah, bekerja keras, dan tawakal kepada Allah karena sikap optimis yang tinggi. Dalam perang juga demikian, sikap optimis merupakan salah satu pendorong kemenangan. Jika hal itu tertanam pada diri seseorang maka juga akan berpengaruh pada kesehatan.

  1. Istiqamah menjalankan puasa sunnah

Manfaat puasa untuk kesehatan sudah kita ketahui bersama. Puasa merupakan bentuk pengistirahatan alat pencernaan yang setiap hari bekerja. Ibarat mesin, sistem pencernaan manusia juga perlu diistirahatkan untuk merevitalisasi kemampuan kerjanya.

Demikian 10 kebiasaan hidup yang sehat ala Rasulullah. Bukan hanya manfaat kesehatan yang akan didapatkan jika mulai meniru kebiasaan-kebiasaan seperti itu tapi juga insya allah akan berlimpah pahala. Semoga kita bisa meniru segala kebiasaan baik seperti yang dilakukan Rasulullah.

Sumber

best profit , best profit futures, bestprofit, bestprofit futures,

pt best profit, pt best profit futures, pt bestprofit, pt bestprofit futures

http://www.bestpftf.com

http://www.bestprofit-bandung.com

http://www.bestprofit-futuresbandung.blogspot.com