Cara Makan Menunjukan Kepribadian Seseorang – PT Bestprofit Futures Bandung

Bestprofit Bandung best profit fbdg – You are what you eat. Agaknya peribahasa yang satu ini memang ada benarnya. Karena kepribadian seseorang mempengaruhi preferensinya terhadap jenis-jenis makanan tertentu. Begitu pula sebaliknya, jenis makanan yang paling dikonsumsi oleh seseorang lambat laun akan ikut mempengaruhi kepribadiannya.

Tak hanya itu, menurut Juliet A. Boghossian, behavioral food expert penggagas Food-ology cara seseorang menyantap makanan pun berkaitan erat dengan tipe kepribadiannya. Setelah melakukan penelitian dan observasi selama lebih dari 20 tahun, Boghossian mengklasifikasikan karakteristik kepribadian berdasar beberapa kategori umum. Berikut penjelasannya yang dirangkum dari situs Divine Caroline.

1. Makan perlahan-lahan

Kamu selalu jadi orang yang paling akhir menghabiskan makanan saat makan bersama? Berarti kamu termasuk tipe orang yang suka makan perlahan-lahan. Kamu lebih suka menikmati makananmu lambat-lambat, memastikan tidak ada sensasi rasa yang terlewat.

Menurut hasil observasi Boghossian, tipe orang seperti ini adalah pribadi yang patuh menjalankan rutinitas, bukan jenis orang yang mau melakukan aktivitas spontan. Mereka cenderung keras kepala dan mendahulukan kepentingan diri sendiri terlebih dahulu sebelum memperhatikan kepentingan orang lain.

Sisi baiknya, orang-orang yang makan perlahan seperti kamu ini biasanya memperhatikan detail dalam mengerjakan segala hal. Dan kamu tidak pernah melakukan sesuatu tanpa perencanaan yang matang.

2. Makan terburu-buru

Orang-orang yang terbiasa makan dengan cepat biasanya kurang cakap dalam menentukan skala prioritas. Tak jarang mereka keteteran saat harus mengerjakan beberapa tugas sekaligus.

Tetapi para fast eater ini mau mengesampingkan kepentingan diri sendiri demi orang-orang yang dianggap penting dalam hidup mereka. Mereka sangat produktif dan gerak cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

3. Suka mencampur makanan

Kalau kamu suka mengaduk makananmu sebelum menyantapnya atau mencampur beberapa lauk sekaligus berikut sambal di sendok, berarti kamu termasuk tipe kepribadian yang satu ini.

Kamu adalah orang yang bisa menjalankan beberapa tanggung jawab sekaligus dengan efisien. Kamu cukup handal dalam multi tasking.

Tetapi kamu seringkali kesulitan memutuskan apa yang paling penting untuk dicapai terlebih dahulu. Kamu juga sulit berkonsentrasi pada tugas tertentu, karena terbiasa mengerjakan semuanya secara bersamaan.

4. Memisah-misahkan makanan

Seperti apa caramu menyantap burger, pizza, atau Oreo? Melahapnya langsung dalam beberapa gigitan atau memisahkannya berdasar bagian-bagian yang paling kamu sukai hingga yang paling tidak kamu sukai, baru kemudian menyantapnya satu per satu?

Kalau kamu punya kebiasaan makan seperti ini berarti kamu termasuk orang yang task oriented, fokus menyelesaikan tugas sesuai perintah yang diberikan. Kamu cenderung memilih pendekatan metodis dalam melakukan sesuatu.

Sisi negatifnya, kamu juga kurang fleksibel saat menghadapi situasi yang tidak biasa kamu alami.

5. Memotong-motong daging sebelum makan

Bagaimana caramu menyantap steak? Mengiris sepotong setiap kali atau memotong-motongnya sekaligus sebelum mulai makan? Kalau kamu termasuk jenis yang kedua berarti kamu adalah orang yang metodis, strategis, dan berpikir ke depan.

Orang dengan tipe kepribadian seperti ini sangat cocok untuk posisi yang membutuhkan pemikiran logis dan presisi seperti bidang teknik, akuntansi, atau teknologi komputer.

6. Suka mencoba makanan baru

Kamu tidak segan mencoba menu-menu makanan baru yang namanya saja terdengar asing di telinga? Atau kamu suka bereksperimen mencoba mencampur-campurkan beberapa makanan untuk menciptakan rasa yang berbeda?

Berarti kamu adalah orang yang kreatif dan tidak segan melawan arus. Sama seperti kebiasaanmu mencoba makanan baru, kamu juga tak takut mengeksplorasi hal-hal baru dalam hidup. Tetapi ini kadang membuat hidupmu jadi terlalu penuh kejutan dan tidak pasti.

Itulah analisis tipe kepribadian berdasar cara menyantap makanan yang dikemukakan oleh Juliet A. Boghossian. Termasuk tipe yang manakah kamu?

Sumber