Harga Minyak Jatuh ke Level Terendah

20180528a

PT BEST PROFIT FUTURES BANDUNG, Bestprofit – 

Harga minyak jatuh ke level terendah dalam lebih dari 18 tahun terakhir pada perdagangan Rabu (Kamis waktu Jakarta). Hal ini di tengah laporan menunjukkan kelebihan pasokan yang terus-menerus dan jatuhnya permintaan karena penguncian (lockdown) global terkait virus corona akan terus menekan harga.

Badan Energi Internasional (IEA) pada Rabu memperkirakan 29 juta barel per hari (bph) memenuhi permintaan minyak April ke level yang tidak terlihat dalam 25 tahun terakhir dan mengatakan tidak ada pengurangan produksi yang dapat sepenuhnya mengimbangi penurunan minyak jangka pendek yang dihadapi pasar.

Dikutip dari CNCB, Kamis (16/4/2020), harga minyak mentah Brent turun USD 1,91 atau 6,45 persen ke level USD 27,69 dan meninggalkan kenaikan sebelumnya. Sementara harga minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS turun 24 sen atau 1,19 persen menjadi USD 19,87 per barel, terendah sejak Februari 2002.

PT Bestprofit

Menurut data dari Administrasi Informasi Energi AS, hingga 10 April persediaan meningkat sebesar 19,2 juta barel. Analis yang disurvei oleh FactSet telah memperkirakan kenaikan 12,02 juta barel.

“Tidak ada perjanjian layak yang dapat memotong pasokan yang cukup untuk mengimbangi kerugian permintaan jangka pendek seperti itu,” kata IEA dalam laporan bulanannya.

Pemotongan Pasokan

Penurunan harga dan permintaan telah mendorong produsen global untuk menyetujui pemotongan pasokan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC), bersama dengan Rusia dan produsen lainnya, atau yang dikenal sebagai OPEC+ telah bermitra dengan negara-negara produsen minyak lainnya seperti Amerika Serikat.

Best Profit

Pejabat dan sumber dari negara-negara OPEC+ mengindikasikan IEA, pengawas energi untuk negara-negara paling maju di dunia, dapat mengumumkan pembelian minyak untuk penyimpanan hingga beberapa juta barel untuk mendukung kesepakatan.

Tetapi pada Rabu, tidak ada pembelian IEA yang terjadi. Namun Amerika Serikat, India, Cina dan Korea Selatan telah menawarkan atau mempertimbangkan pembelian tersebut, tambah IEA.

Sumber

liputan6.com

bestprofit, pt bestprofit, best profit, pt best profit, best, pt best, bpf

bestprofit futures, best profit futures, pt bestprofit futures, pt best profit futures

 

PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG