Setetes Darah, Seteguk Kehidupan | PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG

20170329d

Editor: Khanova Vaujiah

PT BEST PROFIT FUTURES BANDUNG, Best Profit – 

Kegiatan rutin donor darah yang digelar di PT. Best Profit Futures Bandung pada tanggal 04 Februari 2017 mendapat antusias dari seluruh karyawan yang digelar oleh pihak Palang Merah Indonesia (PMI).

SETETES DARAH, SETEGUK  KEHIDUPAN

Manusia adalah makhluk hidup yang tersusun atas banyak komponen. Sebagaimana mesin, komponen- komponen ini saling berhubungan satu sama lain. Jika salah satu komponen tubuh mengalami gangguan , maka komponen tubuh yang lain akan terpengaruh. Hal ini mengakibatkan kinerja tubuh tidak berjalan sebagaimana mestinya. Situasi  demikian  menyebabkan manusia mengalami kondisi tubuh yang tidak stabil sehingga timbullah gangguan kesehatan.

Transfusi darah merupakan bagian dari  suatu kegiatan sosial yang kita kenal sebagai donor darah. Menurut Wikipedia, donor darah adalah suatu kegiatan pemberian atau sumbangan darah yang dilakukan oleh seseorang secara sengaja dan sukarela kepada siapa saja yang membutuhkan transfusi darah. Ada kesinambungan  antara transfusi darah dengan donor darah. Transfusi darah merupakan proses pemindahan darah dari orang yang sehat ke orang yang membutuhkannya, sedangkan donor darah merupakan proses pengumpulan darah yang didapatkan dari transfusi darah.

20170329e

Berikut syarat- syarat seseorang yang diperbolehkan melakukan donor darah :

  1. umur berusia antara 17-60 tahun ( usia 17 tahun diperbolehkan menjadi donor bila mendapat izin tertulis dari orang tua);
  2. berat badan minimal 45 kg;
  3. temperatur tubuh antara 36,6 – 37,5 derajat celcius;
  4. tekanan darah baik, yaitu sistole = 110 – 160 mmHg, diastole = 70 – 100 mmHg;
  5. denyut nadi teratur yaitu sekitar 50 – 100 kali/ menit;
  6. hemoglobin baik pria maupun wanita minimal harus 12,5 gram;
  7. jumlah penyumbangan per tahun paling banyak 5 kali dengan jarak penyumbangan sekurang-kurangnya 3 bulan.

Keadaan ini harus sesuai dengan keadaan umum pendonor. Seseorang tidak boleh menjadi pendonor pada keadaan (PMI, 2002) :

  1. Pernah menderita hepatitis B, tuberkulosis, sifilis, epilepsi dan sering kejang;
  2. ketergantungan obat, alkoholisme akut dan kronik;
  3. dalam jangka waktu 1 tahun setelah operasi besar, sesudah injeksi terakhir imunisasi rabies terapeutik, atau sesudah transplantasi kulit;
  4. dalam jangka waktu 6 bulan sesudah kontak erat dengan penderita hepatitis, sesudah transfusi, sesudah tattoo/tindik telinga, sesudah persalinan, atau sesudah operasi kecil;
  5. dalam jangka waktu 2 minggu sesudah vaksinasi virus hidup parotitis, measles, tetanus toksoid;
  6. sedang hamil atau menyusui;
  7. dalam jangka waktu 72 jam sesudah operasi gigi dan 24 jam setelah vaksinasi polio, influenza, kolera, tetanus difteri;
  8. dalam jangka waktu 24 jam sesudah menderita penyakit kulit pada vena (pembuluh darah balik) yang akan ditusuk;
  9. mempunyai kecenderungan perdarahan atau penyakit darah, misalnya, defisiensi G6PD, thalasemia, polibetemiavera;

seseorang yang termasuk kelompok masyarakat yang mempunyai resiko tinggi untuk mendapatkan HIV/AIDS ; serta pengidap HIV/ AIDS menurut hasil pemeriksaan pada saat donor darah.

20170329f

Apabila masyarakat Indonesia ingin mendonorkan darahnya, tempat yang bisa dituju antara lain PMI (Palang Merah Indonesia) , gerai Unit Donor Darah yang tersebar di beberapa tempat, atau bisa juga hadir pada acara-acara donor darah massal yang diselenggarakan oleh instansi-instansi tertentu di bawah lisensi PMI.

Berkaitan dengan donor darah, banyak orang yang bertanya-tanya;

Apa sebenarnya keuntungan dari donor darah? Hal ini mungkin menjadi sebab inti seseorang ragu untuk berdonor. Karena oleh sebagian masyarakat berdonor itu tidak lebih dari menyumbangkan darah dan sesudahnya hanya mendapat rasa sakit, atau lebih parah lagi sebagian orang beranggapan  bahwa manfaat donor darah hanya dirasakan oleh penerima donor darah (resipien) saja. Jika mereka tahu manfaat luar biasa yang bisa didapatkan oleh pendonor, barangkali mereka akan lebih tergugah untuk menyumbangkan setetes darah mereka.

Beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan pendonor antara lain:

  • Mengurangi risiko penyakit jantung. Penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi kadar zat besi di dalam tubuh, akan memicu timbulnya penyakit jantung. Melakukan donor darah akan mengurangi akumulasi zat besi dalam tubuh . Secara tidak langsung, hal ini akan membuat tubuh pendonor  lebih sehat dan bugar. Jika donor darah rutin dilakukan, risisko penyakit jantung dapat diminimalisasi hingga 30%.
  • Meningkatkan produksi sel darah merah. Dengan melakukan donor darah, sel darah merah di tubuh pendonor akan dikeluarkan. Untuk mengganti sel darah merah yang hilang, tubuh akan memproduksi kembali sel darah merah. Sehingga produksi sel darah merah di dalam tubuh meningkat dan membuat darah di dalam tubuh pendonor lebih segar.
  • Membakar kalori dalam tubuh. Donor darah bisa dijadikan sebagai sarana menurunkan berat badan. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan mendonorkan darah 450 ml, kolesterol tubuh akan berkurang sebanyak 650 kkal.

Orang yang berdonor darah. Disamping mereka mendapatkan manfaat bagi kesehatan mereka, mereka juga akan mendapatkan balas jasa dari Sang Maha Kuasa karena telah menolong sesamanya. Selain itu, donor darah  merupakan investasi kehidupan yang bisa diambil sewaktu-waktu. Karena kita pun tidak pernah tahu bila ternyata suatu saat kita akan memerlukan banyak transfusi darah . Setidaknya dengan berdonor, kita sudah ikut menyumbangkaan sedikit darah yang kelak menjadi simpanan bagi kita ketika kita membutuhkannya.

Donor darah adalah asset masa depan yang peranannya amat esensial. Oleh karena itu, melalui kegiatan social  tersebut di harapkan kesadaran masyarakat akan pentingnya donor darah meningkat. Karena setetes darah adalah seteguk kehidupan. Seteguk air mungkin tidak akan menghilangkan dahaga, tetapi seteguk kehidupan adalah anugerah luar biasa yang diberikan Tuhan kepada hamba-Nya.

 

Sumber

cleanthink.blogspot.co.id

 

best profit , best profit futures, bestprofit, bestprofit futures,

pt best profit, pt best profit futures, pt bestprofit, pt bestprofit futures

PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG