Beras Asli atau Beras Plastik – PT Bestprofit Futures Bandung

150530g

Bestprofit Bandung best profit ftrs – Nasi merupakan makanan wajib sehari-hari bagi warga Indonesia. Bahkan saking wajibnya, kita sering berpendapat tidak bisa dibilang makan kalau kita belum makan nasi, padahal kita sudah memakan makanan yang cukup mengenyangkan sebelumnya. Namun akhir-akhir ini munculnya beras sintesis yang diduga mengandung plastik telah meresahkan warga. Bagaimana tidak, orang awam pun tahu kalau plastik akan sangat berbahaya kalau sampai di konsumsi.

Yang pertama kali menemukan kejahatan pada beras plastik ini adalah Dewi Septiani, Warga Mustikajaya, Bekasi. Secara kasat mata, beras plastik ini tidak terlihat secara jelas perbedaannya. Namun perbedaan itu akan terlihat jelas pada saat ditaruh di bawah sinar matahari. Beras sintesis akan terlihat lebih cerah, bening dan tanpa guratan, sedangkan beras asli terdapat guratan dan ada warna putih susu di bagian tengahnya.

Walaupun info mengenai cara untuk membedakan beras plastik dengan beras asli ini masih minim, tapi setidaknya terdapat 5 cara untuk mengetahui bahwa beras yang kita beli tersebut adalah beras asli atau beras plastik.

1.Dari Segi Fisik

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, beras plastik akan terlihat lebih cerah, bening dan tanpa guratan ketika diletakkan di bawah sinar matahari, sedangkan beras asli berwarna putih susu dan memiliki guratan dari bekas sekam padi. Beras asli juga pada ujung-ujung butir berasnya memiliki warna putih yang merupakan zat kapur yang mengandung Karbohidrat, sedang beras plastik keseluruhan butirnya berwarna bening.

2.Saat ditanak

Pada saat menanak nasi, beras asli akan menyerap air sehingga nasi akan terlihat lebih mengembang pada saat telah masak. Tapi beras plastik malah akan mengeluarkan banyak air. Beras asli akan berasa pulen dan empuk karena menyerap air. Sedangkan beras plastik akan terlihat banyak mengeluarkan air, mungkin ini dikarenakan pada unsur pembuat plastik meleleh pada saat dimasak.

3.Dari Segi Rasa

Beras plastik setelah ditanak menjadi nasi akan memiliki tekstur yang aneh di lidah dan mempunyai rasa yang tawar. Berbeda dengan beras asli yang memiliki aroma wangi dan ada sedikit rasa manis.

4.Posisi Beras Pada Saat di Masak

Pada saat kita memasak nasi, nasi akan mengendap dibawah air, karena nasi sifatnya menyerap air pada saat dimasak, sehingga berat massa dari nasi pun akan bertambah dan akan mengendap di bawah air. Sedangkan beras plastik akan terlihat mengambang di atas air.

5.Beras Pastik Akan Meleleh

Cara mudah yang terakhir untuk mengetahui bahwa beras yang kita beli adalah beras asli atau beras plastik adalah dengan membakarnya. Beras plastik akan terlihat meleleh pada saat dibakar dan mengeluarkan aroma yang khas plastik terbakar. Berbeda dengan beras asli yang pada saat di bakar akan berwarna gosong dan hanya mengeluarkan bau gosong makanan.

 Itulah 5 cara mudah untuk mengetahui atau membedakan antara beras asli dengan beras plastik. Dengan mulai meluasnya penyebaran beras plastik ini, alangkah baiknya kalau kita selalu mengecek terlebih dahulu beras yang akan kita beli. Semoga 5 tips di atas bisa bermanfaat dan menjadikan kita untuk lebih berhati-hati dalam memilah beras yang akan kita beli.

Sumber

best profit , best profit futures, bestprofit, bestprofit futures,

pt best profit, pt best profit futures, pt bestprofit, pt bestprofit futures

http://www.bestpftf.com

http://www.bestprofit-bandung.com

http://www.bestprofit-futuresbandung.blogspot.com