Akibat Gambar di Bungkus Rokok yang Seram – PT Bestprofit Futures Bandung

PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG (pt bestprofit fsbg)  – Sudah 2 bulan berlalu sejak aturan tentang pemasangan peringatan bergambar di bungkus rokok efektif diterapkan. Dari 5 versi gambar yang ada, ada sebagian yang menjadi favorit para perokok karena dianggap tidak terlalu seram.

“Gambar bapak-bapak merokok itu menurutku tidak terlalu seram kalau dibandingkan yang lain,” kata Ranu (32), seorang perokok aktif di Semarang, kepada detikHealth, seperti ditulis Senin (25/8/2014).

Gambar bapak-bapak merokok terdapat dalam 2 versi peringatan bergambar atau Pictorial Health Warning (PHW) di bungkus rokok. Di salah satu versi, seorang bapak merokok dengan dikelilingi tengkorak dan di versi lainnya sang bapak merokok sambil menggendong bayinya.

Dalam pandangan sebagian perokok, 2 versi peringatan bergambar ini tidak terlalu seram jika dibandingkan dengan 3 versi lainnya. Gambar yang dianggap seram dan kurang diminati perokok adalah versi kanker paru-paru, versi kanker mulut, dan versi kanker tenggorokan.

“Banyak juga sih yang pilih-pilih, tapi tidak semua. Ya kita sih boleh-boleh saja asal stoknya ada,” kata Nita, pramuniaga sebuah minimarket di kawasan Buaran, Jakarta Timur.

Pemasangan peringatan bergambar sebagaimana diatur Peraturan Pemerintah (PP) 109/2012 tentang Pengendalian Tembakau sebenarnya lebih ditujukan untuk mencegah calon perokok untuk mulai coba-coba. Bagi perokok aktif, menghadapi ‘teror’ peringatan bergambar sudah menjadi bagian dari risiko adiksi atau kecanduan.

“Secara keseluruhan nggak ngaruh. Cuma kalau masih bisa milih gambar, kenapa enggak,” kata Ranu.

Sumber

Best Profit Futures, Bestprofit Futures, PT Best Profit Futures, PT Bestprofit futures

 

http://www.bestpftf.com

http://www.bestprofit-bandung.com

http://www.bestprofit-futuresbandung.blogspot.com